Senin, 08 Februari 2021

(T7ST2) PJJ Kelas 6 SDN Layungsari 2: Selasa, 9 Februari 2021 Matematika

 

 MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

TEMA/SUB TEMA             : 6. Menuju Masyarakat Sehat/3. Membangun Masyarakat Sejahtera 

Standar Kompetensi

3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya

4.4 Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang, serta luas permukaan dan volumenya.

Kompetensi Dasar

3.7.1 Memahami luas permukaan gabungan bangun ruang

4.4.1 Mengukur luas permukaan gabungan bangun ruang

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 
 Marilah berdo'a sebelum belajar anak-anakku...

Untuk memudahkan dalam menghitung luas permukaan bangun ruang, berikut ini merupakan tabel rumus luas permukaan beberapa bangun ruang.
No.Bangun RuangLuas Permukaan
1.Prisma(2 × La) + (K x t)
2.Tabung2πr(r+t)
3.LimasLa + Ls
4.Kerucutπrs + πr²
5.Bola4πr²
6.Kubus6s²
7.Balok2 ( pl + pt + lt )

Beberapa langkah yang perlu dilakukan saat akan menghitung luas permukaan bangun ruang antara lain sebagai berikut.
  1. Kenali bangun ruang apa saja yang membangun gabungan bangun ruang tersebut.
  2. Tentukan ukuran-ukuran dari unsur-unsur bangun ruang tersebut.
  3. Pada bagian yang berimpit biasanya tidak dihitung.
  4. Hitunglah luas permukaan menggunakan rumus masing-masing permukaan bangun ruang.
 
Untuk dapat menyelesaikan soal matematika, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Tulis apa yang diketahui.
  2. Tulis apa yang ditanya.
  3. Tulis cara penyelesaian.
  4. Lakukan pengecekan kembali.
  5. Tulis kesimpulan jawabannya.

Contoh 1
Meli dan Siti akan membuat kerajinan dari flannel. Diameter ice cream tersebut 7 cm. Panjang garis tepi cone 15 cm. Berapa cm² kain flannel yang dibutuhkan?
Es Krim

Diketahui :
Panjang diameter ice cream 7 cm
Diameter bola dan kerucut 7 cm.
Jari-jari bola dan kerucut 3,5 cm
Panjang garis pelukis kerucut 15 cm.

Ditanyakan : Luas kain flanel yang dibutuhkan.

Jawab :
Luas permukaan ice cream sama dengan luas permukaan setengah bola. Jika dihitung hasilnya adalah
L =1x 4πr²
2
L = 2πr²
L = 2 x22x 3,5 x 3,5
7
L = 2 x 22 x 0,5 x 3,5
L = 44 x 0,5 x 3,5
L = 22 x 3,5
L = 77 cm²

Luas permukaan cone sama dengan luas permukaan selimut kerucut
Ls = πrs
Ls22x 3,5 x 15
7
L = 22 x 0,5 x 15
L = 11 x 15
L = 165 cm²

Luas permukaan bangun adalah jumlah dari luas setengah bola dan luas selimut kerucut.
Hasilnya adalah
L = 77 cm² + 165 cm²
L = 242 cm²

Jadi, luas kain flannel yang dibutuhkan adalah 242 cm².
 
Bingung? silahkan perhatikan video youtube dibawah ini ya 


 Silahkan kerjakan tugas dibawah ini ya, carilah luas permukaan gabungannya seperti contoh!

 


 

 

 

 

Indonesia adalah salah satu negara pendiri ASEAN. Sebagai pendiri ASEAN Indonesia memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan kebijakan organisasi ASEAN. Kepemimpinan Indonesia di ASEAN diakui dengan banyaknya peran Indonesia dalam mengatasi masalah dan krisis yang terjadi baik dalam bidang ekonomi maupun politik di antara negara ASEAN. Menghadapi perkembangan ekonomi dan tantangan politik dunia, Indonesia selalu tampil di depan. Apa saja peran Indonesia di bidang ekonomi dan politik di ASEAN? Untuk mengetahui hal tersebut, silakan Anak-anak simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar dapat dipelajari lebih lanjut

Youtube materi IPS

 


Bagaimana menurutmu penjelasan pada video tersebut? Mudah dipahami bukan? Sebagai evaluasi jawablah pertanyaan di bawah ini.
  1. Jelaskan    peran    Indonesia    sebagai    produsen, distributor, dan konsumen di ASEAN!
  2. Jelaskan peran Indonesia di bidang ekonomi di ASEAN dalam bentuk kerja sama!
  3. Jelaskan peran Indonesia dalam ASC (ASEAN Security Council)!
  4. Jelaskan tujuan pelaksanaan Jakarta Informal Meeting!
  5. Dari berbagai peran Indonesia di ASEAN, dapatkah Indonesia dikatakan sebagai pemimpin ASEAN? Jelaskan alasannya!

Kerjakanlah soal-soal dengan tekun dan teliti. Bila telah selesai   kirim   kepada   Bapak/Ibu   Guru.   Terima   kasih kepada Anak-anak yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Marilah kita akhiri pembelajaran ini dengan doa sesudah belajar. Sampai jumpa besok.



رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا
رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

T7ST1PB2 PTMT SDN LAYUNGSARI 2: Kamis, 15 Februari 2024

  BAHASA INDONESIA, IPA, SBDP  Tujuan Pembelajaran 1. Melalui kegiatan beryanyi, siswa mampu menyanyikan lagu dengan interval nada dengan be...