Rabu, 16 Februari 2022

T8ST3PB4 PTMT SDN LAYUNGSARI 2: Kamis, 17 Februari 2022 (MTK)

Matematika

 

 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 
 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 Marilah berdo'a sebelum belajar anak-anakku...

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ 

رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا 


(Matematika) silahkan untuk ditulis materi dibawah ini ya (untuk 4 gambar pengumpulan data tidak perlu digambar ya)

 A. PENGUMPULAN DATA

Sebelum memperoleh sebuah data, maka kita harus melaksanakan proses pengumpulan data. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mendapat data, diantaranya melalui:

1.Penelitian
2.Wawancara

3.Polling/angket


4.Penghitungan langsung

B. PENYAJIAN DATA

Setelah memperoleh data, biasanya data-data tersebut disajikan dalam bermacam-macam bentuk. Salah satu teladan data yang sanggup disajikan yaitu nilai matematika dari siswa yang ada di sebuah sekolah. Berikut yaitu beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk menyajikan sebuah data:

1. Menggunakan tabel
Data sanggup digambarkan dengan memakai tabel, berikut yaitu conoth tabel data nilai matematika siswa SD tunas harapan:

No
Nilai
Jumlah Siswa
1
65
5
2
70
9
3
75
14
4
80
10
5
85
5
6
90
7
Total
50


Dari table di atas kita sanggup mengetahui :
Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 65
Ada 9 siswa yang memperoleh nilai 70
Ada 14 siswa yang memperoleh nilai 75
Ada 10 siswa yang memperoleh nilai 80
Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 85
Ada 7 siswa yang memperoleh nilai 90


2. Menggunakan diagram
Diagram ada bermacam-macam bentuknya mulai dari diagram batang, diagram lingkaran, diagram gambar dan diagram garis.

a. Diagram Batang
Mari kita ubah data diatas ke dalam bentuk diagram batang:

Pengumpulan dan Pengolahan Data Matematika SD Kelas  Materi Pengumpulan dan Pengolahan Data Matematika SD Kelas 6



b. Diagram lingkaran
untuk menciptakan diagram lingkaran, kita harus mencari persentase besar sudut dari data yang di dapat.

nilai 65 = 5/50 x 3600 = 360
nilai 70 = 9/50 x 3600 = 64.80
nilai 75 = 14/50 x 3600 = 100.80
nilai 80 = 10/50 x 3600 = 720
nilai 85 = 5/50 x 3600 = 360
nilai 90 = 7/50 x 3600 = 50.40

maka gambar diagramnya akan menjadi menyerupai ini:

Pengumpulan dan Pengolahan Data Matematika SD Kelas  Materi Pengumpulan dan Pengolahan Data Matematika SD Kelas 6


c. Diagram Garis
Hampir sama menyerupai diagram batang hanya saja bentuknya diubah menjadi garis.


Pengumpulan dan Pengolahan Data Matematika SD Kelas  Materi Pengumpulan dan Pengolahan Data Matematika SD Kelas 6


C. PENGOLAHAN DATA

Di dalam pengolahan sebuah data ada beberapa hal yang harus kita cari dengan memakai rumus matematika, yaitu:

1. Mean
Mean yaitu nila rata-rata dari keseluruhan data yang di dapat. Niloai rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan seluruh nilai kemudian dibagi dengan banyaknya data.

Rata-rata =  Jumlah data
                      Banyak data

Sebagai teladan dari data di atas kita sanggup mencari meannya dengan cara menjumlahkan nilai yang ada kemudian dibagi dengan jumlah siswa yang ada, menyerupai ini:

65+70+75+80+85+90 = 465 = 9.3
              50                         50
Kaprikornus nilai rata-rata siswa kelas VI untuk pelajaran matematika di SD Tunas Mekar yaitu = 9.3


2. Modus
Modus merupakan nilai yang paling sering muncul di dalam data tersebut. Bila dilihat dari data nilai matematika siswa kelas VI SD Tunas Mekar, maka nilai yang paling sering muncul yaitu 70 alasannya ada 14 siswa yang mendapat nilai 70.


3. Median
Median yaitu nilai tengah. Diperoleh dengan cara mengurutkan nilai-nilai yang ada dari yang terkecil hingga terbesar. 
 
 
Pertanyaan
1. Sebutkan 4 jenis pengumpulan data! 
2. Sebutkan 2 jenis penyajian data!
3. Sebutkan Jenis diagram!
4. Apa yang dimaksud dengan mean?
5. Apa yang dimaksud dengan median!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

T7ST1PB2 PTMT SDN LAYUNGSARI 2: Kamis, 15 Februari 2024

  BAHASA INDONESIA, IPA, SBDP  Tujuan Pembelajaran 1. Melalui kegiatan beryanyi, siswa mampu menyanyikan lagu dengan interval nada dengan be...