Selasa, 25 Agustus 2020

PJJ Kelas 6 SDN Layungsari 2: Rabu, 26 Agustus 2020 Bahasa Indonesia Kata Baku dan Kalimat Efektif

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh anak-anak


Sebelum pembelajaran hari ini dimulai, silakan bantu orang tuamu mencuci piring setelah sarapanmu ya nak

Setelah selesai silakan persiapkan untuk mulai pembelajaran


Jam 8.00 sudah siap dan silakan baca basmalah dilanjutkan doa sebelum belajar


Jam 8.00-12.00 :

1. Coba kalian baca kemudian tulis di buku jurnalmu tentang kata baku berikut ini

Kalian juga bisa membacanya di buku tema 2 hlm. 101.

2.          Baca cerita di bawah ini

Suatu hari gue sama keluarga gue pergi ke kota ciater (pemandian air panas), disana gue dan keluarga gue mau liburan, sampe sana gue dan keluarga gue mencari tempat buat nginep, setelah nyari2 akhirnya kita dapet juga. dengan 1 kamar tidur, ruang tamu, dan kamar mandi yang ada air panas nya. abis naro barang dikamar, kita jalan2 di dalam area penginapannya, disana ada, kolam air panas, air terjun dan banyak lagi permainan. saat muter2 gue nyokap dan adek ingin berendam sebentar di kolam air panas, setelah selesai kita berganti baju dan nyoba2 permainan lain. pas malem hari anginnya dingin banget loh tapi kebayar setelah gue berendem di kamar mandi dengan air panas. setelah seharian bermain gue sama keluarga gue tidur, dan besok paginya kita semua pulang.

3. Sekarang kalian harus mencari kata tidak baku dari cerita tersebut, setelahnya kalian harus mencari kata bakunya ya

Misalnya Bapak dan Ibu menemukan kata tidak baku nyari2 maka kata bakunya adalah mencari, boleh juga kalian buat dalam bentuk tabel seperti berikut


4. Ayo sekarang tulis terlebih dahulu mengenai kalimat efektif di buku jurnalmu. Jangan lupa dibaca ya

Kalimat efektif merupakan kalimat yang memiliki subjek (S) dan predikat (P) yang jelas dan atau objek (O) keterangan (K) serta memperhatikan PUEBI/Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (memperhatikan kata baku,tanda baca, huruf besar).

-    Perhatikan contoh kalimat efektif di bawah ini.

1.     Indah  menggunakan masker ketika keluar rumah. 

   S               P                O       K

(kalimat ini efektif karena huruf I pada kata Indah menggunakan huruf besar sebab awal kalimat dan nama orang, terdapat S P O K dan diakhiri dengan tanda titik karena kalimat pernyataan)

2.    Siapa yang menyerbu kecap Majalengka untuk oleh-oleh?

S                    P                O                               K                              

(kalimat ini efektif karena huruf S pada kata Siapa menggunakan huruf besar karena awal kalimat, terdapat S P O K, huruf M pada kata Majalengka mengggunakan huruf besar karena nama kota dan diakhiri dengan tanda tanda tanya karena kalimat tanya)


5. Ini adalah kesempatan kalian yang membuat kalimat efektifnya, cukup 3 kalimat saja ya nak

 

Jika sedang ada kuota kirimkan hasil kerja kalian kepada Bapak dan Ibu guru  melalui WA secara japri!

Jangan lupa baca doa setelah belajar dan bereskan kembali peralatan belajarnya

Wssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

T7ST1PB2 PTMT SDN LAYUNGSARI 2: Kamis, 15 Februari 2024

  BAHASA INDONESIA, IPA, SBDP  Tujuan Pembelajaran 1. Melalui kegiatan beryanyi, siswa mampu menyanyikan lagu dengan interval nada dengan be...