Selasa, 12 Oktober 2021

(T5ST1) PJJ VI SDN Layungsari 2 2021-2022: Rabu, 14 Oktober 2021 PPKn

 


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 
 
Anak-anak apakah sudah siap belajar hari ini? Marilah berdo'a sebelum belajar anak-anakku...

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا
رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ 


🕖 07.00-09.00

Kalian akan melaksanakan pembelajaran PAI bersama Pak Husen

🕖 09.30-11.30

Hari ini kita akan belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengenai nilai-nilai yang terkandung pada jiwa kewirausahaan.

Wirausaha adalah suatu pekerjaan yang yang menciptakan produk berupa barang dan jasa atau menjadi distributor dengan kemampuan dan modal sendiri. Artinya wirausaha adalah seorang pemimpin dari usahanya sendiri bukan bekerja pada orang lain.  Wirausahawan sangat penting di negara kita karena lebih banyak orang yang ingin bekerja dibandingkan berwirausaha. 

Mengapa orang-orang lebih ingin bekerja karena bekerja dianggap lebih menjanjikan dan terjamin dibandingkan wirausaha yang harus memulai dari nol. Pemilik Cafe, pedagang sayuran, pedagang keliling, pemilik bengkel dan lain sebagainya termasuk jenis-jenis wirausaha.


Apakah kamu ingin berwirausaha?

 sekarang, bacalah teks dibawah ini sebelum kalian menjawab 6 pertanyaan yang disediakan di bawah! 

Buku Tema 5 Hal 159 


Suatu sore, Udin dan teman-temannya berkesempatan bertemu dengan Pak Gino. Beliau adalah seorang pelaku wirausaha sukses yang sederhana dan suka berbagi ilmu. Beliau memulai usaha mainan kayu edukatif beberapa tahun yang lalu. Sekarang, produknya sudah dikenal dan digunakan oleh berbagai Taman kanak-kanak dan Taman Bermain.

Udin: Pak Gino, aku sangat kagum dengan produk buatan Pak Gino. Suatu saat nanti aku ingin bisa menjadi wirausahawan sukses seperti Bapak. Bagaimana awal mula Pak Gino memulai usaha ini?

Pak Gino: Bapak saya seorang pengrajin kayu. Sejak kecil, saya sering membantu bapak. Bapak sering membuatkan saya mainan dari sisa-sisa kayu yang membuat saya menjadi lebih mudah memahami pelajaran matematika, sehingga kemudian saya memiliki keinginanan untuk membuat berbagai mainan kayu. Saya ingin mainan itu juga membantu anak-anak memahami pelajarannya.

Siti: Oh, jadi kita bisa memulai suatu usaha dengan bekal keterampilan, hobi, dan kreatifitas yang kita miliki ya pak. Aku gemar mencoba berbagai resep masakan. Wah, mungkin suatu saat nanti aku bisa membuka usaha toko kue ya.

Udin: Kalau aku suka bermain bola, usaha apa ya yang bisa aku jalani di masa depan? Apakah membuat bola?

Pak Gino: Mungkin saja. Biasanya kalau kita memiliki minat terhadap suatu hal, ide dan kreatifitas akan berkembang dengan sendirinya. Edo: Apakah ketika bapak bermimpi membuat usaha mainan kayu, bapak yakin akan laku di pasaran?

Pak Gino: Oh, saya tidak sekedar bermimpi. Saya juga melakukan survei sebelum memulai usaha. Dari sana saya temukan bahwa banyak anak yang membutuhkan mainan yang mendidik. Ketika saya akan memulai usaha, produk sejenis belum ada di pasaran. Oleh karena itu saya memberanikan diri memulainya.

Edo: Lho, kalau hobi membaca, usaha apa yang bisa aku lakukan nanti ya? Belum tentu aku bisa menulis buku. Tentu tidak mudah juga bersaing dengan buku-buku bagus yang ada di toko buku ya.

Pak Gino: Usaha yang kamu jalankan nanti tidak selalu berbentuk barang yang dijual. Ada berbagai jasa yang dapat menjadi bidang usaha. Bisa saja kamu membuka perpustakaan kecil dan menyewakan buku-buku koleksimu untuk dibaca oleh anak-anak di sekitar pemukimanmu.

Edo: Betul juga ya, Pak. Tidak terpikir olehku sebelumnya. Perpustakaan kecil pasti menarik untuk anak-anak di sekitar rumahku.

Siti: Berdasarkan pengalaman Pak Gino, apa saja kiat-kiat dalam menjalankan usaha?

Pak Gino: Modal utama adalah kerja keras dan pantang menyerah. Usaha yang dirintis tidak selalu mulus dalam perjalanannya. Tekun, kreatif, serta jujur juga tidak boleh ditinggalkan. Usaha yang dimulai dengan niat dan sikap yang baik akan berbuah hasil yang baik pula.

Udin: Wah, ternyata banyak ya yang masih harus kita pelajari untuk menjadi wirausahawan sukses. Tidak cukup sehari kita berguru pada Pak Gino. Boleh ya pak, lain kali kami bertemu bapak lagi. Siapa tahu, kelak impian kami menjadi wirausahawan kecil bisa terwujud, seperti bapak.

Pak Gino: Tentu saja boleh. Bapak senang melihat anak-anak seumur kalian sudah memiliki impian yang tinggi. Bapak punya keyakinan, dengan bermimpi, kita akan memiliki motivasi kuat untuk mewujudkannya. Sore itu Udin, Edo, dan Siti pulang dengan bekal ilmu baru. Semakin kuat keinginan mereka mengikuti jejak Pak Gino suatu hari nanti.


Tulislah dan Jawablah pertanyaan dibawah ini di buku jurnal mu🙂
Jawab pertanyaan berikut.
  1. Sikap apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha?
  2. Jika kamu ingin membuka usaha, hal apa yang harus kita lakukan?
  3. Apa yang harus dilakukan supaya usaha kita dikenal oleh masyarakat?
  4. Apa manfaat wirausaha yang dijalankan oleh Pak Gino bagi masyarakat?
  5. Mata pelajaran apa saja yang cocok dengan cita-cita seorang wirausaha?
  6. Jika kamu memiliki toko mainan, ada pengusaha lain yang membuka usaha yang serupa, bagaimana sikapmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

T7ST1PB2 PTMT SDN LAYUNGSARI 2: Kamis, 15 Februari 2024

  BAHASA INDONESIA, IPA, SBDP  Tujuan Pembelajaran 1. Melalui kegiatan beryanyi, siswa mampu menyanyikan lagu dengan interval nada dengan be...