Minggu, 31 Oktober 2021

(T6ST1) PJJ VI SDN Layungsari 2 2021-2022: Senin, 1 November 2021

 IPS

3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan,
dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan
kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

 
https://dutadamaisumaterabarat.id

 
 
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 
 
 
 Marilah berdo'a sebelum belajar anak-anakku...

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا
رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا
 
 
Pesan Pagi:
 
Sebagai anak yang segera melalui masa pubertas, pernahkan kamu berfikir apa yang akan kalian lakukan ketika dewasa nanti? apa yang ingin kamu kerjakan untuk mencari penghasilan dan membantu orang tua kalian? apakah kalian selalu rajin beribadah?

Menjadi remaja adalah tanggung jawab, oleh karena itu yuk mulai dari sekarang bertanggung jawab mengerjakan tugas meskipun kalian tidak hadir di kelas. Hal ini adalah sebagai kewajiban kamu dalam mengisi kemerdekaan Indonesia

Hari ini kita akan belajar, apa saja hal yang menjadi bukti kita mempertahankan kemerdekaan dan mengembangkan kehidupan berbangsa yang sejahtera

Silahkan baca terlebih dahulu teks dibawah ini 

cendananews.com


Kerukunan di Kampung Wonorejo, Papua


Kampung Wonorejo, Arso Timur, Papua adalah salah satu kampung transmigran. Warganya berasal dari berbagai daerah padat penduduk di Pulau Jawa. Kondisi tersebut membuat warga di kampung Wonorejo memiliki perbedaan suku, agama, dan budaya.


Di Kampung Wonorejo, posisi rumah warga bersebelahan. Semua warga akrab tak terkecuali anak-anak. Setiap hari anak-anak di Kampung Wonorejo pergi ke sekolah bersama. Itu sebabnya mereka sangat akrab. Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain.

Meskipun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Setiap akhir minggu anak-anak Kampung Wonorejo berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, mereka olahraga bersama atau sekadar bermain-main. Bagi anak-anak yang menginjak usia remaja akan mendapat penyuluhan tentang menjaga kebersihan diri saat pubertas dari tenaga kesehatan. Kadang-kadang mereka juga membantu orang tua yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan.

Semua warga di Kampung Wonorejo hidup rukun. Mereka menyadari bahwa para pahlawan telah meraih kemerdekaan dengan semangat perjuangan tinggi. Dalam meraih kemerdekaan, para pejuang tidak memandang perbedaan daerah, agama, dan suku bangsa. Mereka bersatu padu untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Oleh sebab itu, semua warga Kampung Wonorejo ingin menjaga persatuan di daerah mereka sebagai wujud menjaga kesatuan NKRI. Mereka hidup rukun dalam perbedaan.

Potret Kampung Wonorejo, Arso Timur, menunjukkan kepada kita tentang kerukunan dalam keragaman. Semua warga kampung hidup rukun walaupun berbeda asal usul suku bangsa, agama, dan budaya. Keragaman suku bangsa menjadi modal sosial dalam pembangunan.

Oleh: Nirwasita


Sudahkah kalian membaca teks tentang Kampung Wonorejo, Papua? Keren ya masyarakatnya terbiasa melaksanakan kegiatan positif dalam mengembangkan kehidupan di kampungnya 😊🤩

Sekarang kesempatan kalian membuat teks yang menceritakan kondisi di tempat tinggal kalian seperti apa, asal warganya dari mana saja, kegiatan di tempat tinggal kalian seperti apa, dan kebiasaan kebiasaan masyarakat di tempat tinggal kalian yang mencerminkan mereka berusaha mengembangkan kehidupannya, beri judul ya teksnya😉💪
 

Jika sudah selesai silakan kirim hasilnya kepada Bapak dan Ibu, semoga pembelajaran hari ini berkah dan bermanfaat aamiin


Alhamdulillah pembelajaran telah selesai, sebelum belajar diakhiri marilah kita berdo'a

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْن

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

T7ST1PB2 PTMT SDN LAYUNGSARI 2: Kamis, 15 Februari 2024

  BAHASA INDONESIA, IPA, SBDP  Tujuan Pembelajaran 1. Melalui kegiatan beryanyi, siswa mampu menyanyikan lagu dengan interval nada dengan be...