Senin, 07 September 2020

PJJ Kelas 6 SDN Layungsari 2: Selasa, 8 September 2020 Matematika Lingkaran

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh anak-anak


Sebelum pembelajaran hari ini dimulai, silakan biasakan menjadi pribadi yang bersih dan rapi, mandi terlebih dahulu dan gunakan seragam yang rapi,  selanjutnya silakan foto kalian sedang berdiri di pinggir tempat tidur yang sudah kalian rapikan ya nak. Bapak dan Ibu sudah tidak sabar melihat kalian yang tampan, cantik, dan rapi.

Setelah selesai silakan persiapkan untuk mulai pembelajaran

Jam 8.00 sudah siap dan silakan baca basmalah dilanjutkan doa sebelum belajar

Jam 8.00-12.00 :

1. Kalian pasti pernah melihat dan mendengar kata "lingkaran". Coba Bapak dan Ibu ingin kalian menggambar 5 benda yang pernah kalian lihat dan memiliki bentuk lingkaran

2.  Ternyata lingkaran itu tidak hanya sebuah bentuk bulatan saja anak-anak, ada nama-nama bagiannya, perhatikan gambar dan penjelasannya dari a-g, kemudian tulis di buku jurnalmu ya

a.  Titik O merupakan titik pusat lingkaran
b.  Garis OA disebut dengan jari-jari lingkaran, yaitu ruas garis yang menghubungkan pusat lingkaran dan titik pada keliling lingkaran. 
c.   Garis AB disebut diameter (d), yaitu garis yang menghubungkan 2 titik pada keliling lingkaran dan melalui pusat lingkaran. 
d.   Garis AC disebut tali busur, yaitu garis yang menghubungkan 2 titik pada keliling lingkaran. 
e.   Garis lengkung AC disebut dengan busur lingkaran, yaitu garis lengkung yang merupakan bagian dari keliling lingkaran.
f.    Juring merupakan daerah yang dibatasi oleh 2 jari-jari dan sebuah busur, contohnya daerah BOC. 
g.   Tembereng merupakan daerah yang dibatasi tali busur dan busur, contohnya daerah yang dibatasi tali busur dan busur AC. 

3.   Gambarlah lingkaran di bawah ini kemudian tentukan bagian-bagian lingkarannya (titik pusat lingkaran, jari-jari lingkaran, diameter, tali busur, busur lingkaran, juring, dan tembereng)

      Titik pusat lingkaran = ...

Jari-jari lingkaran = OA, OB, ..., dan ...

Diameter = AOD dan ...

Tali Busur = ...

Busur lingkaran = ...

Juring = AOC dan ...

Tembereng = ...


Jangan lupa kalau sedang ada kuota kirimkan hasil kerja kalian kepada Bapak dan Ibu guru kalian melalui WA secara japri!


Silakan bagi yang sudah selesai, baca doa setelah belajar dan bereskan kembali peralatan belajarnya

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

T7ST1PB2 PTMT SDN LAYUNGSARI 2: Kamis, 15 Februari 2024

  BAHASA INDONESIA, IPA, SBDP  Tujuan Pembelajaran 1. Melalui kegiatan beryanyi, siswa mampu menyanyikan lagu dengan interval nada dengan be...