Rabu, 02 September 2020

(T3ST3) PJJ Kelas 6 SDN Layungsari 2: Kamis, 3 September 2020 IPS Pengaruh teknologi bagi manusia

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 
 Marilah berdo'a sebelum belajar anak-anakku...

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا
رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا 



🕗08:00-09:00
Apakah kalian sudah mengetahui apa saja alat elektronik dirumahmu? nah berkelilinglah dan cek jika ada alat elektronik yang masih menyala namun tidak digunakan misalkan kipas angin, lampu atau televisi!
🕘09:00-12:00
Bacalah wacana dibawah ini

Terang yang Membawa Kemudahan

Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam. Penerangan di malam hari memang mungkin dilakukan dengan cahaya api, atau sejenis lampu tempel berbahan bakar minyak. Namun demikian, jenis penerangan ini tidak praktis dalam penggunaannya. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.

Dulu, minimnya penerangan di jalan membuat kegiatan harus berakhir demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kini, di kota-kota besar khususnya, kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Toko-toko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan.

Ketika berbagai kemudahan telah tersedia di depan mata, tidak ada alasan bagi manusia untuk menunda penyelesaian pekerjaannya. Tak ada alasan bagi manusia untuk berhenti mengembangkan diri.

(Buku tema 3 Hal 44) 

Jawablah pertanyaan dibawah ini!

1. Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?

2. Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?

Gambarlah secara sederhana kemudian jelaskanlah nama bendanya kemudian ceritakan keuntungan dan kerugiannya

Contoh
 
Penjelasan: Benda ini bernama setrika arang, cara menggunakannya dengan dimasukkan arang panas dan dikipas-kipas. Setrika ini tidak memerlukan listrik tetapi jika menyetrika baju kita harus berhati-hari jangan sampai percikan arang menempel ke baju dan merusaknya.

Penjelasan: ......
Penjelasan: ....
Penjelasan: ....
 Penjelasan: .... 
 Penjelasan: .... 
 Penjelasan: .... 
 
🕐12:00
Setelah semua pekerjaan selesai, bereskan kembali peralatan belajarmu!


Alhamdulillah pembelajaran telah selesai, sebelum belajar diakhiri marilah kita berdo'a

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْن

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

T7ST1PB2 PTMT SDN LAYUNGSARI 2: Kamis, 15 Februari 2024

  BAHASA INDONESIA, IPA, SBDP  Tujuan Pembelajaran 1. Melalui kegiatan beryanyi, siswa mampu menyanyikan lagu dengan interval nada dengan be...