السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Marilah berdo'a sebelum belajar anak-anakku...
رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا
رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا
Hari ini kalian akan belajar mengenai data, nah sebelum beranjak lebih lanjut kalian tulislah dahulu mengenai data. Pelajaran mengenai data disebut statistika
A. PENGUMPULAN DATA
Sebelum memperoleh sebuah data, maka kita harus melaksanakan proses
pengumpulan data. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mendapat
data, diantaranya melalui:
Penelitian
B. PENYAJIAN DATA
Setelah memperoleh data, biasanya data-data tersebut disajikan dalam
bermacam-macam bentuk. Salah satu teladan data yang sanggup disajikan
yaitu nilai matematika dari siswa yang ada di sebuah sekolah. Berikut
yaitu beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk menyajikan sebuah data:
1. Menggunakan tabel
Data sanggup digambarkan dengan memakai tabel, berikut yaitu conoth tabel data nilai matematika siswa SD tunas harapan:
No | Nilai | Jumlah Siswa |
1 | 65 | 5 |
2 | 70 | 9 |
3 | 75 | 14 |
4 | 80 | 10 |
5 | 85 | 5 |
6 | 90 | 7 |
Total | 50 |
Dari table di atas kita sanggup mengetahui :
Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 65
Ada 9 siswa yang memperoleh nilai 70
Ada 14 siswa yang memperoleh nilai 75
Ada 10 siswa yang memperoleh nilai 80
Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 85
Ada 7 siswa yang memperoleh nilai 90
2. Menggunakan diagram
Diagram ada bermacam-macam bentuknya mulai dari diagram batang, diagram lingkaran, diagram gambar dan diagram garis.
a. Diagram Batang
Mari kita ubah data diatas ke dalam bentuk diagram batang:
b. Diagram lingkaran
untuk menciptakan diagram lingkaran, kita harus mencari persentase besar sudut dari data yang di dapat.
nilai 65 = 5/50 x 3600 = 360
nilai 70 = 9/50 x 3600 = 64.80
nilai 75 = 14/50 x 3600 = 100.80
nilai 80 = 10/50 x 3600 = 720
nilai 85 = 5/50 x 3600 = 360
nilai 90 = 7/50 x 3600 = 50.40
maka gambar diagramnya akan menjadi menyerupai ini:
c. Diagram Garis
Hampir sama menyerupai diagram batang hanya saja bentuknya diubah menjadi garis.
C. PENGOLAHAN DATA
Di dalam pengolahan sebuah data ada beberapa hal yang harus kita cari dengan memakai rumus matematika, yaitu:
1. Mean
Mean yaitu nila rata-rata dari keseluruhan data yang di dapat. Niloai
rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan seluruh nilai kemudian dibagi
dengan banyaknya data.
Rata-rata = Jumlah data
Banyak data
Sebagai teladan dari data di atas kita sanggup mencari meannya dengan
cara menjumlahkan nilai yang ada kemudian dibagi dengan jumlah siswa
yang ada, menyerupai ini:
65+70+75+80+85+90 = 465 = 9.3
50 50
Kaprikornus nilai rata-rata siswa kelas VI untuk pelajaran matematika di SD Tunas Mekar yaitu = 9.3
2. Modus
Modus merupakan nilai yang paling sering muncul di dalam data tersebut.
Bila dilihat dari data nilai matematika siswa kelas VI SD Tunas Mekar,
maka nilai yang paling sering muncul yaitu 70 alasannya ada 14 siswa
yang mendapat nilai 70.
3. Median
Median yaitu nilai tengah. Diperoleh dengan cara mengurutkan
nilai-nilai yang ada dari yang terkecil hingga terbesar.
Pertanyaan
1. Sebutkan 4 jenis pengumpulan data!
2. Sebutkan 2 jenis penyajian data!
3. Sebutkan Jenis diagram!
4. Apa yang dimaksud dengan mean?
5. Apa yang dimaksud dengan median!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar